Pernahkah Anda mendengar tentang smart classroom? atau jika Anda adalah seorang pendidik—guru atau dosen—Anda pernah mengajar di dalam smart classroom juga? Smart Classroom dan smart-tech adalah kata kunci yang telah beredar luas di sekolah-sekolah hingga perguruan tinggi selama beberapa tahun belakangan, namun apa sebenarnya smart classroom itu?

Inovasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan Smart Classroom

Mengenal Smart Classroom

Smart classroom  adalah ruang kelas yang disempurnakan dengan teknologi, yang akan mendorong proses belajar dan mengajar dengan mengintegrasikan teknologi ke dalamnya, seperti smart monitor yang sekaligus dapat beralih fungsi menjadi papan tulis, komputer, perangkat lunak khusus, augmented dan virtual reality, jaringan, serta kemampuan audio/visual.

Secara sederhana, spesialis di bidang pendidikan dari Avantis Education—Catherine Avantis—berpendapat bahwa,

“smart classroom adalah ruang belajar yang telah ditingkatkan dengan teknologi pendidikan dan dirancang untuk meningkatkan pengalaman belajar dan mengajar.”

Setiap orang tentu memiliki metode belajar yang berbeda-beda. Setiap murid akan menerima informasi dengan cara yang berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda pula. Berkat teknologi yang disediakan di ruang kelas modern inilah pendidik seharusnya dapat dengan mudah menyesuaikan gaya mengajar mereka untuk memenuhi kebutuhan para murid.

Smart classroom dilengkapi dengan berbagai alat dan perangkat EdTech interaktif yang memungkinkan para murid untuk belajar, berkolaborasi, dan berinovasi dengan cara yang luar biasa. Misalnya, beberapa murid mungkin akan menemukan pembelajaran yang mendalam dengan augmented dan virtual reality, sedangkan bagi murid yang lainnya mungkin akan lebih cocok untuk belajar secara fisik dengan papan tulis interaktif. Di dalam smart classrom setiap kebutuhan bagi pembelajaran semestinya akan lebih mudah terpenuhi.

Namun, penting untuk diingat juga bahwa setiap smart classroom seharusnya berbeda-beda sesuai dengan bidang studinya masing-masing. Tidak ada aturan khusus yang ditetapkan untuk peralatan apa saja yang harus dipersiapkan, dan atau bagaimana cara pendidik untuk menggunakan peralatan-peralatan dari smart classroom ini, karena sejatinya yang mereka perlukan hanyalah menyampaikan pengajaran mereka kepada para murid. Semuanya akan diserahkan kembali ke masing-masing pendidik untuk membedakan peralatan dan bahan pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan murid.

Manfaat dan Kelebihan Smart Classroom

1. Pembelajaran yang Fleksibel

Pendidik dapat menyesuaikan kecepatan dan gaya belajar untuk muridnya. Alih-alih terbatas pada buku teks untuk sebagian besar pelajaran, pendidik memiliki berbagai alat EdTech yang mereka miliki. Baik itu papan tulis interaktif atau augmented dan virtual reality, pendidik juga dapat menggunakan teknologi dari smart classroom ini untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih fleksibel. Mereka juga dapat memastikan bahwa setiap murid dapat belajar dengan cara yang paling efektif, serta memenuhi kebutuhan belajar khusus mereka.

2. Hemat waktu

Perencanaan pembelajaran adalah salah satu dari bagian pengajaran yang paling memakan waktu. Membuat sumber daya, mencetak lembar kerja, dan merencanakan pelajaran dapat menghabiskan berjam-jam waktu bagi para pendidik setiap minggu, bulan, dan tahunnya. Tetapi smart classroom dapat membantu, dengan sumber daya siap pakai, serta kemungkinan pembelajaran yang tak ada habisnya dan dapat tersedia hanya dengan beberapa klik, artinya pendidik dapat dengan mudah membangun, merencanakan, dan menyampaikan pelajaran dengan lebih mudah. Terlebih lagi, sumber daya online terus diperbarui dan dapat diakses secara instan—jadi tidak perlu berburu buku teks edisi terbaru, dan juga tidak perlu memfotokopi.

Inovasi Kegiatan Belajar Mengajar dengan Smart Classroom

3. Antusiasme dan Keterlibatan Murid

Mana yang lebih menarik, membaca dari buku teks, atau mengalami secara langsung topik dari pembelajaran dengan teknologi yang menawan seperti augmented reality dan virtual reality? Menggunakan peralatan canggih dan menarik, pendidik dapat menarik perhatian murid-murid mereka! Pendidik benar-benar dapat memicu imajinasi siswa mereka dan meningkatkan keterlibatan belajar di ruang kelas.

4. Akses Pendidikan Lebih Mudah

Setiap orang berhak atas pendidikan, dan smart classroom membantu membuat pembelajaran dapat lebih mudah diakses oleh semua murid. Baik itu memberikan materi yang baru, menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan dan gaya belajar yang berbeda, atau menerjemahkan konten ke dalam bahasa yang berbeda-beda, menjadikan proses belajar mengajar di smart classroom menjadi taman bermain dan belajar yang menyenangkan bagi dunia pendidikan. Tidak masalah siapa muridnya atau dari mana asalnya, semua murid dapat mengakses kesempatan belajar yang sama.

5. Pelajaran Interaktif

Smart classroom akan mendorong interaksi! Sesederhana itu! Ketika menggunakan teknologi interaktif di dalam kelas, murid juga dapat berperan aktif dalam pembelajaran. Hal ini tidak hanya mendorong interaksi antar murid, tetapi juga interaksi murid dengan pendidik, membantu mengembangkan rasa dalam kerjasama tim, pemikiran yang kritis, dan keterampilan memecahkan berbagai masalah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *