Teknologi luar angkasa dan teknik observasi bumi merevolusi cara bekerja di HR Wallingford. Tapi apa itu tren pengamatan bumi (earth observation)?, dan bagaimana mereka akan mengubah cara penerapannya pada permasalahan di dunia nyata? Barbara Hofmann, seorang ilmuwan observasi bumi, menyoroti tiga area di mana pengamatan bumi dapat semakin berkembang pesat.

Selama beberapa tahun terakhir, HR Wallingford telah menerapkan pengamatan bumi pada proyek-proyek inovatif yang telah menjawab berbagai tantangan seperti: bagaimana melindungi orang dari demam berdarah dan kegagalan bendungan; menilai ketinggian air tanah di Yaman yang dilanda perang; dan menemukan cara untuk mengidentifikasi dampak banjir pada pertanian dan infrastruktur.

Pengamatan Bumi Batas Akhir untuk Memahami Air

Terkadang tampaknya kemungkinan untuk menggunakan pengamatan bumi sepertinya tidak terbatas, dan ada sejumlah kemajuan dan tren di sektor ini yang berarti aplikasinya akan terus berkembang.

Meningkatnya Peluncuran Satelit

Berkurangnya biaya untuk peluncuran satelit telah menyebabkan peningkatan besar dalam peluncuran oleh operator swasta dalam beberapa tahun terakhir. Satelit-satelit ini biasanya lebih kecil dan dipesan terlebih dahulu daripada yang ada di langit kita sebelumnya, yang biasanya diluncurkan oleh badan antariksa nasional, dan telah mengubah jumlah, kualitas, dan variasi data yang sekarang dapat kita miliki lewat ‘ujung jari’ kita.

Pengamatan Bumi Batas Akhir untuk Memahami Air

Beberapa data ini tersedia secara gratis dan beberapa ada yang harus membayar. Namun umumnya, kumpulan data sekarang ini yang mencakup bumi, dalam waktu pengulangan yang lebih cepat, dan pada resolusi yang lebih tinggi.

Contoh yang sangat bagus dari area yang HR Wallingford amati adalah erosi pantai. Ini adalah topik penting bagi HR Wallingford, dan citra dengan resolusi yang tinggi berpotensi untuk membantu memantaunya.

Pengamatan Bumi Batas Akhir untuk Memahami Air

Kesiapan Data Analisis

Perusahaan satelit dan data sekarang mengemas data-data tersebut yang berarti bahwa data pengamatan bumi tidak perlu diproses terlebih dahulu sebelum digunakan, dalam artian telah memiliki ‘data analisis yang siap’.

Meskipun tidak semua proyek dapat menggunakan produk ini, mereka dapat mengurangi pekerjaan yang diperlukan untuk membuat data agar dapat digunakan dan menurunkan biaya.

Untuk pekerjaan pemetaan banjir, HR Wallingford telah menggunakan secara ekstensif kapasitas pra-pemrosesan sesuai permintaan untuk data Sentinel-1. Dan seiring waktu, cenderung melihat ‘data analisis yang siap’ menjadi lebih tersebar luas dan lebih berguna untuk sejumlah aplikasi.

Data Resolusi Lebih Tinggi

Data pengamatan bumi sekarang dapat melihat sejumlah besar detail. Data dengan resolusi tinggi ini sangat berguna dalam keadaan tertentu, misalnya, sangat penting untuk mengidentifikasi polutan dan dari mana asalnya. Data satelit terbaru juga memiliki potensi untuk membantu melacak emisi metana dan karbon dioksida ke berbagai sumber, membuat penetapan batas emisi menjadi lebih mudah. HR Wallingford juga menemukan bahwa peningkatan detail pada topografi dapat membantu mereka untuk membuat pemodelan banjir yang lebih akurat.

Namun resolusi yang lebih rendah, data misi badan antariksa yang gratis, masih memiliki porsinya sendiri. Kumpulan data tersebut biasanya tersedia secara global, mencakup area yang luas dalam satu akuisisi, dan yang terpenting memiliki katalog data yang ekstensif dan memungkinkan untuk menilai apa yang terjadi di masa lalu.

Sebagai ilmuwan pengamatan bumi yang bekerja di garis depan dalam menerapkan teknologi ruang angkasa untuk masalah di lapangan, HR Wallingford terus belajar sepanjang waktu. Tapi satu hal yang pasti, pengamatan bumi akan membantu HR Wallingford untuk memecahkan masalah terkait air dengan cara yang mungkin hanya bisa diimpikan satu dekade lalu.

Artikel ini disadur dari artikel milik HR Wallingford dan digubah ke dalam bahasa Indonesia. Baca artikel aslinya di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *