Manufaktur cerdas telah menjadi fokus produsen secara global, berkat manfaatnya yang besar dan beragam. Efisiensi aset, biaya yang lebih rendah, kualitas produk yang lebih tinggi, peningkatan keselamatan dan keberlanjutan adalah beberapa di antara dampak positif yang diharapkan dari pabrik-pabrik generasi berikutnya yang saling terhubung. Namun, banyak perusahaan belum menuai hasil yang memadai dari investasi IoT (internet of things) mereka. Jadi, apa faktor kunci yang dapat memungkinkan implementasi tersebut menjadi sukses?

Keberhasilan manufaktur yang cerdas juga membutuhkan investasi yang memadai. Wakil Presiden Senior FPT Software dan Direktur Eksekutif Grup Solusi Otomotif & Manufaktur Global, Nguyen Duc Kinh, menjelaskan lima area yang harus menjadi fokus produsen untuk mewujudkan ambisi mereka menjadi kenyataan.

Data yang dipersiapkan dengan baik

Jika di masa lalu, uap dan listrik telah merevolusi industri manufaktur, maka hari ini, datalah yang berperan untuk pabrik cerdas dapat beroperasi. Di pabrik, data berharga dapat dikumpulkan dari sensor tertanam dan peralatan produksi yang terhubung, seperti konveyor, alat pengikat, atau robot. Data ini bisa datang dalam berbagai bentuk, misalnya teks, gambar, video, atau rekaman suara.

Untuk sepenuhnya memanfaatkan kekuatan aset penting ini, perusahaan perlu menerapkan infrastruktur yang tepat, termasuk perangkat, jaringan, protokol, dan penyimpanan yang terhubung, untuk mendukung aliran data mereka yang terus berkembang–terutama ketika mereka memiliki rencana untuk ekspansi. Selain itu, karena sebagian besar sistem warisan di pabrik dirancang secara independen dan seringkali tidak memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain, produsen perlu menyatukan data dari sumber yang berbeda untuk menciptakan satu sumber saja. Ini berarti mereka membutuhkan perangkat lunak yang dapat mengumpulkan, memproses, menganalisis, dan menyimpan semua data yang dihasilkan selama proses pembuatan.

Optimasi proses

Salah satu manfaat utama yang diharapkan dari manufaktur cerdas adalah dapat membantu meningkatkan proses menuju efisiensi operasional yang lebih baik. Namun, untuk mempercepat dan memaksimalkan dampak positif dari inisiatif digitalisasi apa pun, produsen disarankan untuk menyesuaikan atau bahkan mendesain ulang proses mereka sebagai persiapan untuk pabrik industri 4.0 mereka.

lima area yang harus menjadi fokus untuk mengubah ambisi manufaktur cerdas menjadi kenyataan

Karena penerapan manufaktur cerdas tidak hanya memengaruhi jalur produksi tetapi juga aktivitas lainnya seperti penjualan, keuangan, SDM, prosedur yang tidak terorganisir dengan baik juga dapat menghambat penerapan teknologi baru, terutama dalam hal otomatisasi. Ini bisa berdampak negatif pada seluruh kinerja pabrikan. Konektivitas digital juga memungkinkan peningkatan hubungan dengan pemasok, pelanggan, dan lokasi produksi lainnya, memaksa produsen untuk merampingkan proses mereka untuk menghindari kecelakaan yang mungkin akan diakibatkan oleh model operasi yang buruk.

Tenaga kerja dengan keahlian modern

Tidak peduli seberapa pintar pabrik, manusia tetap menjadi kunci sukses. Namun, digitalisasi manufaktur dapat menyebabkan perubahan besar dalam struktur sumber daya manusia organisasi. Beberapa posisi mungkin tidak lagi diperlukan berkat adopsi robot, sementara pekerja lain mungkin diminta untuk mengembangkan kemampuan baru untuk sepenuhnya memanfaatkan teknologi canggih. Kemungkinan juga akan muncul peran-peran baru.

lima area yang harus menjadi fokus untuk mengubah ambisi manufaktur cerdas menjadi kenyataan

Oleh karena itu, tenaga kerja yang kurang terampil bukanlah sesuatu yang mampu dibeli oleh produsen saat ini. Untuk memastikan kolaborasi yang sukses antara manusia dan mesin, baik tingkat pengelolaan maupun operasional dituntut untuk menjadi pembelajar yang cepat, lebih fleksibel, fleksibel dan proaktif sehingga mereka dapat melakukan peran lintas fungsi. Mereka tidak hanya membutuhkan pengetahuan domain yang mendalam, pengetahuan teknis tentang penanganan peralatan, data, dan otomatisasi juga penting.

Kesiapan untuk perubahan teknologi yang sangat cepat

Teknologi manufaktur telah berkembang maju setiap harinya. Beberapa tahun yang lalu, drone dan kendaraan otonom masih merupakan hal baru, tetapi baru-baru ini mereka telah diadopsi secara lebih luas di banyak sektor. Hal yang sama berlaku untuk robotika dan pencetakan 3D. Agar tetap kompetitif, organisasi perlu mengikuti perkembangan dan terbuka terhadap teknologi yang muncul seperti analitik data, komputasi kinerja tinggi, kecerdasan buatan (AI), blockchain, mesin intuitif, dan augmented reality (AR).

Lebih banyak perhatian pada keamanan siber

Manufaktur cerdas amat sangat bergantung pada konektivitas di antara alat dan sistem, yang membuatnya jauh lebih rentan terhadap risiko akses tidak sah, kebocoran data, spionase, dan bahkan sabotase. Mengingat banyaknya titik koneksi, serangan siber dapat menyebabkan dampak yang lebih signifikan dan meluas. Pada saat yang sama, lebih sulit untuk melindungi sistem yang kompleks dari ancaman peretas di dunia maya.

lima area yang harus menjadi fokus untuk mengubah ambisi manufaktur cerdas menjadi kenyataan

Mengatasi tantangan keamanan baru ini memerlukan tindakan yang lebih ketat, termasuk investasi yang tepat dalam infrastruktur IT yang kuat dan keterampilan keamanan.

Industri manufaktur mengalami salah satu fase paling menarik dalam sejarahnya berkat kemajuan teknologi terbaru. Manufaktur cerdas membuka peluang tanpa batas bagi perusahaan untuk memaksimalkan efisiensi mereka, menaklukkan pasar baru, dan mendorong inovasi. Meskipun tidak ada formula untuk sukses, pertimbangan dan persiapan yang cermat akan memungkinkan produsen untuk secara jelas memetakan dan mempercepat perjalanan transformasi mereka.

Temukan beragam peralatan untuk menunjang pendidikan teknik siswa-siswi Anda di website kami.

Salam hangat,
www.labts.co.id

Sumber penulisan telah disadur ke dalam bahasa Indonesia. Artikel aslinya dapat Anda baca di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *